Selasa, 19 Juni 2012

Migrasi dari ActionScript 2 ke Adobe ActionScript 3.0

Adobe ActionScript 3.0 adalah versi terbaru dari ActionScript yang dikeluarkan Adobe. Adobe ActionScript 3.0 yang saya rasakan adalah lebih simpel, global, dan lebih berbasis objek. Tidak seperti saat ActionScript 2 dan sebelumnya saat ActionScript hanya merupakan bahasa pemrograman yang digunakan oleh Flash, Adobe ActionScript 3.0 sekarang merupakan bahasa pemrograman global bagi seluruh produk Adobe.
Adobe ActionScript 3 mulai tersedia di Adobe Flash versi CS3 ke atas dan yang pasti jika anda baru sekarang akan belajar bahasa pemrograman Adobe ActionScript, belajarlah Adobe ActionScript 3.0, jangan ActionScript 2 karena Adobe ActionScript 3.0 lebih mudah dipelajari.
Berikut adalah beberapa perbedaan mendasar ActionScript 2 dan Adobe ActionScript 3.0:

Pemberian aksi pada button:

ActionScript 2:

Aksi disimpan di button dan sintaksnya adalah:
on(release) {
play();
}

ActionScript 3:

Aksi disimpan di frame dan dibuat fungsi terlebih dahulu. Sintaksnya adalah:
function main(event:MouseEvent):void
{
play();
}
namainstancetombol.addEventListener(MouseEvent.CLICK, main);

Validasi:

Pada ActionScript 3 baris kode program harus lebih tervalidasi. Contoh pada pemanggilan fscommand fullscreen:

ActionScript 2:

Pada ActionScript 2 tidak terlalu bermasalah jika baris kode program tidak terlalu tervalidasi.
Benar: fscommand(“fullscreen”,true);
Benar: fscommand(“fullscreen”,”true”);

ActionScript 3:

Pada ActionScript 3 harus lebih tervalidasi, jika tidak maka kompiler error
Salah: fscommand(“fullscreen”,true);
Benar: fscommand(“fullscreen”,”true”);

Menggerakkan playhead dalam movie:

ActionScript 2:

this.gotoAndPlay(“Scene 2”,5);

ActionScript 3:

Pada actionscript 3 penempatan nama scene dan nomor frame dibalik:
this.gotoAndPlay(“5”,”Scene 2”);

Koordinat objek:

Pada ActionScript 2 kita terbiasa dengan properti _x atau _y untuk mengatur koordinat objek, pada ActionScript 3 properti-properti tersebut diganti menjadi hanya x atau hanya y dan di Adobe Flash CS4 karena mendukung 3D juga terdapat properti z:

ActionScript 2:

namainstance._x=150;
namainstance._y=250;

ActionScript 3:

namainstance.x=150;
namainstance.y=250;
namainstance.z=10;
Sementara segitu dulu ya migrasinya. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di bawah ini . . .